Tips Sederhana Berwisata Ke Taman Nasional Karimunjawa

karimunjawa island

Mengunjungi Karimunjawa? Ini Sejarah dan Legendanya

Berbicara tentang suasana pantai dan juga panorama laut biru yang menenangkan memang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Indonesia sendiri pun sudah dikenal mempunyai banyak pantai-pantai cantik yang dijadikan sebagai destinasi wisata, salah satu diantaranya adalah Taman Nasional Karimunjawa.

Read More

Keberadaan Karimunjawa saat ini semakin terkenal sebagai kepulauan eksotis yang bahkan sudah sampai ke mancanegara. Bahkan selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan setiap kejenuhan.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya keberadaan Karimunjawa ini bukanlah tanpa sebuah legenda dan sejarah. Menurut masyarakat sekitar ada sebuah sejarah dan legenda dimana Karimunjawa ini pertama sekali ditemukan oleh Sunan Muria. Awalnya dikisahkan bahwa Sunan Muria merasa sedih dengan putranya yang bernama Amir Hasan yang begitu nakal.

wisata karimun jawa

Singkat cerita, akhirnya Sunan Maria pun berencana untuk mendidik putranya dengan cara menyuruhnya pergi menuju suatu pulau yang terlihat seperti (kremun-kremun) yang artinya kabur, supaya sang anak bisa memperdalam ilmu agamanya disana. Karena terlihat seperti (kremun-kremun) maka pulau ini dinamakan sebagai Pulau Karimun.

Panduan ke Taman Nasional Karimunjawa

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Taman Nasional Karimunjawa, maka bisa menggunakan moda transportasi laut. Untuk rutenya sendiri di mulai dari Kota Semarang, dimana kamu bisa langsung pergi ke pelabuhan Tanjung Mas. Lalu kemudian membeli tiket KMC Kartini. Untuk jarak tempuhnya adalah sekitar 4 jam.

Namun berbeda jika kamu datang dari arah Yogyakarta dan Magelang, maka bisa langsung naik kapal dari Pelabuhan Kartini yang berada di Jepara. Disini akan memakan waktu perjalanan kurangg lebih 5 jam dengan menggunakan kapal KM Muria.

Atau jika kamu tidak ingin mengalami mabuk laut ataupun ingin lebih cepat sampai tujuan, juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menempuh jalur udara. Melalui Bandara Ahmad Yani Semarang, kamu akan diterbangkan menuju Bandara Dewa Daru yang ada di Pulau Kemujan.

Tips Sederhana Berwisata Ke Taman Nasional Karimunjawa

Tahukah kamu bahwa Karimunjawa merupakan pulau terkenal akan wisata bawah lautnya yang indah seperti terdapat terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, bahkan ada ratusan spesies fauna laut yang membuat pengunjung terpesona.

Jika kamu pun berencana ingin berwisata Taman Nasional Karimunjawa ini, maka ada beberapa tips sederhana yang wajib kamu simak sebagai gambaran buat kamu nantinya saat berlibur. Berikut tips sederhananya.

  1. Tentukan jadwal keberangkatan

Hal ini wajib dilakukan jika ingin berwisata ke pulau ini serta tentukan berapa lama kamu akan berlibur disana. Mengapa? karena kamu harus mengecek jadwal keberangkatan kapal dari dan ke Karimun Jawa, baik yang dari Semarang ataupun Jepara.

Disarankan juga untuk memperhatikan musim keberangkatan kamu. Mengapa demikian? Sebab apabila ombak sedang tinggi, maka kemungkinan kamu untuk menyebrang pun akan batal.

  1. Pesan tiket perjalanan

Pertanyaannya adalah kamu akan menggunakan transportasi apa untuk menuju Jepara? Bis, kereta, pesawat (dimana Anda akan turun di Semarang), atau melalui jasa travel? Ada baiknya Anda sudah mengecek harga tiket dari transportasi yang akan digunakan. Sebisa mungkin pesan jauh-jauh hari.

  1. Menentukan penginapan

Ada banyak tempat beristirahat di Taman Nasional Karimunjawa, mulai dari homestay hingga hotel berkelas dimana bisa kamu cek segera untuk menyesuaikan isi kantong. Persiapakan sedari awal supaya ketika tiba di tempat tujuan kamu tidak akan memikirkan tempat tinggal lagi.

  1. Mempersiapkan jadwal acara

Apabila kamu berencana tinggal beberapa hari di Karimunjawa, tentulah kamu harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mencari tahu tempat-tempat yang akan dikunjungi dimana tempatnya berdekatan dalam hari yang sama.

  1. Membawa uang tunai

Karimunjawa memang sudah dilengkapi dengan Atm Bri. Namun untuk jaga-jaga disarankan untuk kamu membawa uang tunai yang cukup.

  1. Membawa perlengkapan

Perlengkapan yang dimaksud yaitu sunblock untuk menghalau sinar ultraviolet dan yang pastinya membawa powerbank karena listrik di Karimunjawa hanya menyala 12 jam saja, yaitu mulai dari jam 5 sore sampai jam 5 pagi. Jika ingin memancing maka bisa membawa pancingan dari rumah.

Memilih destinasi liburan memang terkadang membingungkan mengingat Indonesia memiliki banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Namun jika kamu ingin berwisata di pulau yang memiliki daya tarik yang unik maka Taman Nasional Karimunjawa adalah jawabannya.

Related posts