Rockwool Peredam Suara Ruangan Untuk Mengurangi Kebisingan

rockwool

Rockwool Peredam Suara Ruangan Untuk Mengurangi Kebisingan

Jika kita berbicara tentang kebisingan, maka Rockwool peredam suara ruangan bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk mengatasinya. Hal ini menjadi bukti bahwa suara bising juga bisa diredam dengan bahan tertentu di dalam ruangan, sehingga akan terasa nyaman.

Read More

Kebisingan sering kali mengganggu aktivitas banyak orang. Gema dan gaung pun begitu, terlebih untuk sejumlah tempat yang membutuhkan tak adanya gangguan seperti itu. Maka, Rockwool peredam suara ruangan pun dijadikan sebagai opsi terbaik di banyak tempat.

Rockwool Bahan Peredam Suara Ruangan  

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Rockwool bisa digunakan untuk mengatasi masalah gangguan suara. Densitasnya lebih tinggi daripada glasswoll, yaitu 30 g/cm3 sampai dengan 100 g/cm3. Rockwoll disusun dari produk serat mineral ringan dan bisa menyerap panas serta suara yang dinilai mengganggu.

rockwool

Produk ini bisa digunakan sebagai bahan atau alat untuk menahan suara baik dari dalam maupun luar ruangan. Fungsinya adalah untuk menahan suara atau tak bocor baik ke luar dan juga dalam ruangan. Bahan ini juga dikenal sebagai peredam gema ruangan. Bahan dasarnya adalah berbagai jenis batuan.

Ciri-ciri dari Rockwool peredam suara ruangan adalah menyerupai selimut tebal berwarna kuning atau abu-abu. Ketebalannya mulai dari 25 mm sampai dengan 100 mm. Bahan ini adalah produk serat mineral ringan dan dirancang untuk meredam berbagai jenis suara. Di Indonesia ada Rockwool yang memakai dan tanpa brand.

Kita bisa mendapatkan Rockwool dengan mudah, sebab produk ini dijual secara bebas. Kita pun bisa membelinya dalam bentuk lembaran dan roll, tergantung dengan kebutuhan. Penggunaan Rockwool ini biasanya diaplikasikan di area perkantoran, studio musik, sanggar tari, dan masih banyak lagi tempat lain yang menggunakan bahan satu ini.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Rockwool peredam suara ruangan, maka hal ini menjadi keputusan terbaik. Dengan begitu suara yang diredam bisa lebih optimal. Aplikasi dari bahan ini pun sudah banyak dilakukan, sehingga tak perlu Anda ragukan lagi. Di samping itu, di Indonesia juga sudah banyak toko yang menyediakannya, sehingga mudah untuk didapat.

Kelebihan menggunakan Rockwool untuk peredam suara ruangan

Jika Anda ingin menggunakan Rockwool sebagai peredam suara ruangan, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Bahan peredam suara yang satu ini lebih unggul jika dibandingkan dengan busa telur maupun glasswool. Maka dari itu, tak heran jika ada banyak orang yang menggunakannya.

Ini dia beberapa kelebihannya.

  1. Kedap suara

Ketebalan dan densitas permukaan tertentu pada bahan ini pada saat dipasang pada suatu ruangan bisa menahan masuknya suara. Hal ini membuat suara tersebut keluar, sebab tingkat penyerapan suaranya lebih tinggi jika dibandingkan dengan busa talur maupun glasswool.

  1. Harga terjangkau

Harga Rockwool yang cenderung lebih terjangkau. Jika kita memakai busa telur untuk meredam suara, maka jumlah yang dibutuhkan banyak. Sementara itu, kita bisa memakai Rockwool bisa lebih sedikit penggunaannya, terlebih jika kita memakai yang dalam bentuk roll dengan ukuran lebar.

  1. Aplikasi mudah

Sebagai bahan yang digunakan untuk meredam suara, kelebihan Rockwool ini adalah lebih praktis pada proses aplikasinya. Hal ini dikarenakan bentuk lembaran maupun potongannya lebih mudah dan praktis untuk dipasang. Dengan begitu, ini tak akan membuat siapa pun merasa kesulitan untuk memasangnya.

Kelemahan menggunakan Rockwool

Di samping kelebihan, ternyata ada juga kekurangan dari Rockwool peredam suara ruangan. Seperti kebanyakan hal yang ada di dunia, tiap sesuatu pasti memiliki sisi plus dan min. Maka dari itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui beberapa kelemahan yang juga dimiliki oleh bahan peredam suara yang satu ini.

Anda perlu mengetahui kekurangan Rockwool sebagai peredam suara ruangan. Hal ini bisa Anda ketahui sebagai informasi tambahan, sehingga bisa memakai bahan ini secara lebih terkendali untuk meminimalisir beberapa hal yang kurang diinginkan. Dengan begitu kebutuhan tetap bisa terpenuhi tanpa harus merasakan dampak yang membahayakan.

Anda tak perlu khawatir. Kekurangan dari bahan ini tetap bisa diantisipasi dengan cara tertentu. Ini dia beberapa kekurangan dari Rockwool peredam suara ruangan yang bisa Anda ketahui.

  1. NRC relatif kecil dengan ukuran kurang dari 0,5 atau tebal 1 cm.
  2. Mudah rontok, sehingga akan mengakibatkan kualitas yang menurun.
  3. Bila tersentuh kulit akan menyebabkan iritasi.
  4. Kurang baik untuk pernapasan jika digunakan untuk waktu lama.
  5. Tak bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Itulah beberapa hal tentang Rockwool peredam suara ruangan yang sudah Anda tahu. Anda bisa mengambil langkah terbaik untuk menggunakan bahan ini dengan antisipasi yang tepat. Dengan begitu kekurangan dari bahan ini pun tetap bisa diatasi tanpa harus membuat Anda kesulitan untuk mencari alternatif dalam pemakaian bahan serupa yang ekonomis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *