Manfaat Jamur Lingzhi Merah

Jamur Lingzhi Merah

Manfaat Jamur Lingzhi Merah

Tahukah kamu bahwa nyatanya tidak hanya obat-obatan kimia yang digunakan untuk kesehatan, akan tetapi sebuah jamur pun ternyata mempunyai banyak khasiat baik untuk tubuh yang sehat. Bagi yang belum mengetahui salah satunya yaitu jamur Lingzhi.

Mengapa begitu bermanfaat? Karena telah dibuktikan jika jamur jenis ini mempunyai ratusan senyawa aktif yang bisa digunakan untuk keperluan kesehatan. Tentunya yang menjadi kandungan utama jamur jenis ini adalah magnesium, belerang, fosfor, dan juga kalsium dimana semua ini sangat berperan penting dalam tubuh.

Jamur Lingzhi Merah Atau Ganoderma

Bagi yang belum mengetahui bentuk dari jamur Lingzhi ini adalah warnanya yang gelap kemerahan serta memiliki tampilan yang mengkilap. Pinggiran jamur jenis ini yaitu berwarna kekuningan dan dikelilingi lingkaran putih. Untuk rasa dari jamur ini adalah pahit, pedas, dan dann juga ada rasa hangat.

Mengenal Jamur Lingzhi Merah dan Manfaatnya

Jamur Lingzhi merupakan jenis jamur kayu yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan jamur kayu lainnya. Jamur ini banyak tumbuh pada pohon yang tumbang atau pada kayu lapuk dimana bentuk tangkainya sedikit pendek dengan daging buah yang cukup tebal dengan lebar mencapai diameter 30 cm.

Sebenarnya ada beberapa macam jenis jamur Lingzhi, namun yang umumnya dikenal di Indonesia adalah yang berwarna coklat merah tua. Jamur merah ini mempunyai sifat rasa pedas, pahit, dan hangat.

Akan tetapi jika mengkonsumsi ramuan jamur merah ini tentu akan terasa manfaat yang mampu melindungi organ tubuh, mengobati, serta berdampak positif terhadap penyembuhan organ lain yang sakit.

Dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan di berbagai negara, jamur ini mempunyai khasiat sebagai herbal anti-diabetes, anti-hipertensi, alergi, antioksidan, anti-hepatitis, analgesik, anti-HIV, serta perlindungan terhadap liver, ginjal, dan sistem imunitas.

Sudah banyak analisa dan juga berbagai eksperimen klinis yang dilakukan dan telah berhasil menemukan kemanjuran jamur merah ini secara meluas. Dan sampai saat ini belum pernah ditemukan efek negatif berat yang ditimbulkan setelah mengonsumsi ramuan jamur merah ini.

Efek Samping Jamur Ganoderma

Jamur Lingzhi atau yang banyak orang kenal sebagai ganoderma atau jamur kayu ini meskipun memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh namun ada banyak orang yang menilai bahwa jamur ini cukup merugikan bagi tanaman lain.

Walaupun demikian, tetap saja Ganoderma ini banyak dimanfaatkan dan diolah sebagai bahan untuk membuat obat herbal. Memang benar jika jamur ini mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, akan tetapi Anda yang ingin mengkonsumsi jamur merah ini juga harus tahu efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu lama.

Sehingga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya. Beberapa efek samping yang akan ditimbulkan diantaranya:

  • Rasa mual
  • Sakit perut
  • Gatal-gatal
  • Mengaalami diare kronis
  • Ruam kulit
  • Bab berdarah
  • Insomnia
  • Mulut, hidung dan tenggorokan terasa kering

Disamping itu penggunaan jamur merah dengan dosis tinggi pun dapat memungkinkan peningkatan risiko pendarahan. Sehingga bagi yang mengalami kelainan pendarahan atau yang mengonsumsi obat pengencer darah harus mewaspadai konsumsi jamur ini.

Konsumsi jamur merah ini juga sebaiknya dihindari oleh pasien sebelum dan setelah operasi, penderita tekanan darah rendah, serta ibu hamil dan menyusui. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya semua efek ini hanya jika Anda konsumsi lebih dari 3 bulan saja.

Banyaknya manfaat dari jamur Lingzhi merah ini memang sangat baik bagi kesehatan. Akan teatpi disarankan untuk mengkonsumsinya dalam dosis yang tepat saja itu pun harus bertanya dahulu ke dokter seperti apa cara baik untuk mengkonsumsinya.

Related posts