Kamu Punya Mobil? Maka Wajib Tahu Jenis – Jenis Kaca Mobil

kaca mobil

Kamu Punya Mobil? Maka Wajib Tahu Jenis – Jenis Kaca Mobil

Kaca mobil tentulah salah satu bagian terpenting dalam kendaraan mobil. Biasanya para produsen itu akan menyediakan jenis kaca mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan mobil dengan tujuan supaya pada saat dipasarkan bisa memenuhi standar keamanan dimana nanti standar keamanan ini yang akan menjadi alasan para konsumen jika ingin membeli produk mereka.

Bagi para pemilik mobil, keamanan memanglah faktor utama ketika berkendara. Walaupun sebenarnya kendaraan mobil sudah dirancang sebagai transportasi yang aman sesuai standar pabrikannya, namun tidak salah jika ingin menambahkan fitur-fitur tertentu yang bertujuan untuk menambah keamanan ketika mengendarai mobil. Salah satunya seperti pada kaca mobil.

Yang Manakah Jenis Kaca Mobil Kamu?

Sebagai pemilik mobil tentulah harus tahu jika kaca mobil bukanlah sebuah kaca biasa yang dipakai pada tempat-tempat seperti jendela, cermin dan tempat lainnya. Kaca mobil ini sendiri sebenarnya didesain khusus untuk bisa sejalan dengan kendaraan transportasi. Tahukah kamu bahwa untuk kaca mobil ini sendiri terdiri dari 3 jenis.

Tentulah ketiga jenis kaca mobil ini mempunyai perbedaan, kelebihan juga kekurangan masing-masing. Lalu apa saja jenis kaca mobil yang ada saat ini?

1. Kaca tempered

Sebagai pemilik atau pengndara mobil, haruslah tahu jenis kaca mobil apa yang kamu pakai saat ini. Jenis kaca mobil yang pertama adalah kaca tempered. Merupakan kaca yang lebih kuat daripada kaca biasa disebabkan karena proses produksinya, yaitu dengan cara pemanasan bersuhu mencapai 650 derajat celcius dan langsung didinginkan seketika itu juga.

Karena kekuatannya inilah kaca tempered menjadi sulit untuk dipecahkan. Namun jangan salah bukan tidak bisa pecah sama sekali ya. Biasanya pada kendaraan besar seperti bus, kaca tempered ini justru didesain supaya bisa dipecahkan jika berada dalam kondisi darurat.

Dan untuk kaca tempered ini sendiri akan pecah apabila tertembus benda tajam yang ketebalannya sampai 1/6 cm. Apabila ditembus walaupun itu adalah benda yang kecil, maka seluruh bagian kaca akan pecah berkeping-keping. Namun yang pasti untuk kaca yang dipasang di bagian samping dan belakang kendaraan mobil ini tetap tidak akan mudah pecah.

2. Kaca laminated

Jenis kaca mobil selanjutnya adalah kaca laminated. Perlu Kamu ketahui bahwa kaca laminated merupakan dua lapis kaca yang disisipkan pada lembaran film, yaitu polyvinyl butiran film dimana biasanya dipasang pada kaca bagian depan mobil. Kaca ini tentunya tidak mudah pecah karena lembaran film yang tertempel ditengah-tengahnya dapat menahan benturan kuat dengan baik.

Meskipun terkena benturan yang menyebabkannya pecah, namun kaca laminated tidak akan pecah sampai berkeping-keping seperti kaca tempered. Namun pecahan tersebut tetap dalam bentuk lembaran karena rekatan film tadi.

3. Kaca partially tempered

Proses pembuatan kaca partially tempered sebenarnya hampir sama dengan kaca tempered, yang membedakan hanyalah kadar pendinginan di akhir sedikit dikurangi khususnya pada bagian tengah kaca mobil. Mengapa demikian? supaya apabila terjadi retakan pada kaca, bagian tengah tidaklah hancur sampai berkeping-keping namun masih ada celah yang bisa pakai untuk melihat ke arah depan.

Sebagai pemilik mobil, tentulah kamu diharuskan untuk tahu semua seputar mobil termasuk didalamnya mengenai jenis kaca mobil. Dari yang sudah dijabarkan di atas, yang manakah jenis kaca mobil milik mu saat ini? sudahkah kamu mengetahui apa yang menajdi kelebihan kaca tersebut?

Related posts