Kamu Punya Drone? Inilah Cara Menerbangkannya

cara menerbangkan drone

Kamu Punya Drone? Inilah Cara Menerbangkannya

Jika memperhatikan orang yang menggunakan drone memang terlihat menarik dan mudah, namun kenyataannya cara menerbangkan drone membutuhkan kelihaian yang baik dan benar supaya drone bisa dengan mudah terbang. Kamu pun tidak perlu takut jika drone akan jatuh.

Drone atau yang biasa disebut pesawat tanpa awak adalah salah satu produk teknologi yang mulai banyak dilirik banyak kalangan karena kini drone bisa dimanfaatkan untuk segala jenis kegiatan termasuk untuk perlombaan. Berikut Kami sediakan beberapa cara menerbangkan drone baik bagi kamu yang masih pemula sekalipun.

1.  Cara Menerbangkan Drone untuk Pemula

Belakangan ini drone semakin hari semakin banyak dipakai banyak orang seiring dengan semakin terjangkaunya harga dan kemudahan untuk menjalankannya. Walaupun sebenarnya tidak terlalu sulit namun bagi pemula khususnya butuh banyak waktu untuk belajar.

Untuk menerbangkannya sebenarnya tidak memerlukan trik khusus, yang penting adalah mengerti aturan bermain dan jangan takut memulai. Pelajari persiapannya dengan baik dan jangan takut salah, namun tetap berhati-hati ya.

Bagi pemula, untuk menghidupkan drone mungkin akan terasa cukup sulit, walaupun sebenarnya cara menghidupkan drone hanya membutuhkan teknik yang sederhana. Berikut panduannya untuk kamu.

  • Hidupkan Drone.

Cara pertama yaitu menghidupkan drone dengan cara menghidupkan remote controlnya. Tekan remote control drone selama 5 detik saja dan pastikan sampai muncul sebuah bunyi yang menandakan drone sudah hidup. Jika ingin mematikannya, caranya juga sama.

  • Mengaktifkan Return to Home.

Setelah itu adalah mengaktifkan Return to Home. Ini adalah bagian penting yang digunakan saat memainkan drone. Tujuannya supaya drone dapat stabil saat dimainkan dan jika kehilangan sinyal atau baterai habis, drone akan pulang dengan sendirinya.

  • Menerbangkan Drone.

Cara ketiga yaitu mulai Menerbangkan drone atau melakukan lepas landas adalah cara yang sangat penting untuk dikuasai para pemula. Caranya yaitu dengan melakukan throttle ke bagian atas dengan perlahan-lahan.

  • Memutar dan Menggerakkan Drone.

Cara keempat yaitu ketika drone sudah diterbangkan, saatnya untuk memutar drone. Caranya yaitu dengan menggunakan joystick. Sementara untuk menggerakkan drone, kamu bisa gerakkan roll stick kanan ke arah kanan.

Atau bisa menggerakkan roll stik kanan ke arah kiri untuk membawa drone ke arah kiri. Bila ingin bergerak maju dan mundur, cukup tekan arah atas atau bawah tergantung yang kamu mau.

  • Pendaratan.

Cara terakhir yaitu jika ingin berhenti maka lakukan pendaratan dengan melakukan throttle down atau menarik drone ke arah bawah. Mudah bukan?

2. Cara Menerbangkan Drone Supaya Tidak Terbang Jauh

Semua pilot drone, baik itu dari kalangan pemula, sampai profesional sekalipun, pasti mempunyai ketakutan jika drone yang diterbangkan, terbang terlalu jauh bahkan tidak pernah terlihat kembali lagi. Itu sebabnya cara menerbangkan drone supaya tetap stabil yaitu dengan;

  • Memastikan Home Point Sudah Diatur dengan Pas.

Cara pertama yaitu pastikan kamu sudah mengatur titik home point sebelum lepas landas. kamu akan membutuhkan 4 bar sinyal GPS untuk bisa menentukan Home Point ini. Jika sudah diatur dengan baik maka kamu akan melihat pemberitahuan muncul pada layar ponselmu yang berwarna hijau muncul pada peta.

  • Berhati-hatilah dengan Gangguan Gelombang pada Kompas.

Sinyal GPS memang diperlukan namun sebenarnya itu tidak cukup untuk membuat drone kembali ke home point dengan aman. Disini kompas dari drone harus bebas dari dampak gangguan gelombang. Caranya dengan mengaktifkan RTH, sehingga nanti drone Anda akan terbang sesuai yang diinginkan.

Cara menerbangkan drone sebenarnya tidaklah terlalu sulit bahkan untuk pemula sekalipun. Untuk mengatur terbangnya drone ini pun tidak diperlukan strategi khusus, cukup menguasai remote controlnya.

Related posts