Apakah Laptop Tua Kamu Mulai Lemot? Lakukan 10 Cara Ini

leptop tua lemot

Apakah Laptop Tua Kamu Mulai Lemot? Lakukan 10 Cara Ini

Apakah Laptop Tua Kamu Mulai Lemot? Lakukan 10 Cara Ini

Apakah kamu mempunyai laptop lama namun performanya sudah tidak oke? Pada umumnya semua barang apapun itu memilki masa pakainya. Meskipun demikian laptop lama yang tidak maksimal kinerjanya masih bisa dibuat cepat kembali. Berikut penjelasannya.

Panduan Gampang Meningkatkan Performa Laptop Tua

Biasanya laptop yang kurang performanya disebabkan karena masa pakainya bisa dikatakan sudah tua dan pertanyaannya, apakah kamu sudah mengupgradenya atau belum. Sebab seiring berjalannya waktu, teknologi akan semakin berkembang namun laptop tersebut tidak. Lalu bagaimana agar laptop tetap maksimal performanya?

  1. Tambah Kapasitas RAM

Salah satu cara meningkatkan performa laptop tua adalah dengan melakukan penambahan kapasitas RAM. Biasanya pabrikan laptop menyediakan RAM di laptop dari 2 – 4 GB, dan kamu bisa menambahnya menjadi 8 GB.

  1. Hapus file di Recycle Bin

Pada saat ruang penyimpanan sudah mulai sedikit, maka kemampuan menjalankan mesin laptop otomatis berkurang. Itu sebabnya kamu harus hapus semua file yang ada di Recycle Bin.

  • Klik kanan lalu pilih Recycle Bin.
  • Kemudian pilih Empty Recycle Bin.
  • Apabila Anda ingin melakukannya dengan cara manual, maka buka Recycle Bin.
  • Lalu CTRL + A.
  • Terakhir Delete.
  1. Menghapus program yang tidak penting

Pertanyaannya adalah apakah semua program yang ada di laptop kamu itu penting? Jika tidak, hapuslah. Caranya yaitu dengan;

  • Buka Control Panel.
  • Lalu pilih Uninstall Program.
  • Pilih program yang Anda ingin Uninstall.
  • Selanjutnya tekan Uninstall yang berada di bagian atas.
  • Terakhir tunggulah sampai proses pelepasan program selesai.
  1. Memakai Software Booster

Software booster merupakan pendukung kinerja laptop yang nantinya akan mengoptimalkan cara kerja laptop seperti menghapus history browser, cookies juga cache, recycle bin serta berbagai sistem lainnya yang mempengaruhi laptop bekerja.

  1. Memakai Anti-Virus

Cara meningkatkan performa laptop tua lainnya yang bisa kamu lakukan salah satunya juga dengan menggunakan antivirus. Alasan mengapa laptop tidak maksimal selain karena sudah tua juga karena disebabkan ada banyak virus yang muncul yang menyebabkan kinerjanya tidak optimal.

  1. Cleanup System Files

Ada begitu banyak system file yang terdapat pada laptop lama yang akhirnya menjadi sampah seperti sistem file Windows lama yang berukuran besar. Untuk mengurangi beban ruang penyimpanan, maka kamu harus menghapus dengan cara;

  • Buka C:\ drive
  • Klik Properties 
  • Pilih Disk Cleanup.

Lakukan cara ini secara berulang-ulang.

  1. Update Windows

Biasanya Microsoft akan selalu melakukan update untuk OS Windows secara berkala. Apabila hal ini muncul jangan abaikan. Mengapa? Karena Windows Update ini muncul dengan tujuan baik dengan keamanan serta kinerja yang penting untuk laptop.

  1. Ganti Hardisk dengan SSD

Tahukah kamu bahwa dengan mengganti hardisk laptop lama dengan jenis SSD merupakan solusi terbaik juga untuk meningkatkan kinerjanya. Tujuannya untuk membuat kinerjanya lebih cepat, baik itu ketika booting, shutting down, juga ketika membuka aplikasi.

      9. Memakai Cooling Pad

Terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan Colling pad. Berfungsi memberi kesejukan supaya tidak cepat panas. Apalagi untuk laptop tua akan mudah panas. Itu sebabnya pendingin sangat diperlukan supaya nanti ketika dipakai tidak force shut down atau mati sendirinya.

Demikian pembahasan tentang cara gampang meningkatkan performa laptop tua. Silahkan praktekkan dari nomor satu sampai cara ke sembilan untuk melihat hasilnya. Meskipun sudah tua namun kinerjanya pun masih bisa diperbaiki.

Back To Top