Apa Perbedaan Saas, Paas dan Laas?

apa itu paas

Apa Perbedaan Saas, Paas  dan Iaas?

Bagi yang Anda yang belum mengetahui, Saas merupakan salah satu dari tiga jenis layanan yang biasa disebut dengan Cloud Computing yang biasanya layanan ini ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud.

Tiga jenis layanan ini terdiri dari Software as a Service atau disebut Saas, Platform as a Service atau Paas, juga ada Infrastructure as a Service atau Iaas. Jadi, bagi Anda yang tertarik dalam bidang tech khususnya, di sarankan untuk mengenali apa perbedaan antara Saas, Paas, IaaS dimana, ketiga jenis cloud service ini mempunyai berbagai fungsi yang berbeda.

saas lass pass

Pentingnya Mengenal Perbedaan Dari Saas, Paas dan Iaas

Keberadaan cloud computing saat ini memang sudah menjadi salah satu teknologi yang cukup membantu khususnya dalam dunia bisnis, dimana layanan ini menawarkan kemudahan dimana Anda dapat mengakses data secara online.

Apabila Anda berencana ingin menggunakan teknologi cloud, maka kamu harus tahu dulu tentang model layanan cloud yang 3 tadi. Seperti apa perbedaannya? Kami akan jabarkan di bawah ini.

  1. Pengertian Saas

Saas atau yang disebut dengan software as a service merupakan sebuah perangkat lunak yang dipakai sebagai layanan yang bersifat online, atau biasa disebut sebagai layanan aplikasi cloud.

Saas sendiri pada umumnya akan memanfaatkan internet untuk bisa mengoperasikan aplikasi yang dikelola oleh vendor sebagai pihak ketiga. Bagi Anda yang masih belum mengetahui seperti apa karakteristik dari Saas ini, di bawah ini kami jabarkan, diantaranya adalah;

  • Dikelola langsung dari lokasi pusat
  • Di-host di server jauh
  • Bisa diakses langsung melalui internet
  • Pengguna layanan tidak harus bertanggung jawab atas pembaruan yang terjadi.

2.  Pengertian Paas

PaaS atau Platform as a Service merupakan sebuah layanan Cloud yang disediakan dalam bentuk platform dimana biasanya digunakan oleh pengguna jika ingin membuat sebuah aplikasi. Lalu seperti apa karakteristiknya?

PaaS ini sendiri mempunyai banyak karakteristik tersendiri jika dibandinngkan daripada layanan cloud lainnya, dengan karakteristik seperti:

  • Yaitu berdasarkan teknologi virtualisasi, dimana setiap sumber daya bisa dengan gampang ditingkatkan menguikuti setiap perubahan bisnis.
  • Memberikan beragam layanan dengan tujuan untuk membantu para pengembangan, pengujian, juga penyebaran aplikasi.
  • Bisa diakses oleh banyak pengguna hanya dengan menggunakan aplikasi pengembangan yang sama.

3. Pengertian Iaas

IaaS atau Infrastructure as a Service merupakan jenis model layanan Cloud yang pada umumnya itu adalah sebuah server fisik dan virtual service yang juga menyediakan yang namanya resource cloud seperti server.

Jika Anda menggunkaan Iaas ini, maka Anda tidak harus membeli komputer dan peralatannya secara fisik lagi, atau mungkin harus melakukan pemeliharaan rutin terhadap perangkatnya.

Lalu bagaimana dengan karakteristiknya? Yaitu terdiri dari;

  • Sumber daya disediakan sebagai layanan.
  • Biayanya pun beragam tergantung kebutuhan.
  • Banyak pengguna dalam satu perangkat itu.
  • Juga dinamis serta fleksibel.

Lalu kapan kah harus menggunakan Iaas ini? tidak berneda seperti SaaS dan PaaS, dimana sebenarnya ada beberapa situasi pada saat IaaS sangat menguntungkan.  Yaitu ketika Anda memiliki perusahaan kecil, Iaas bisa dijadikan sebagai solusi terbaik tanpa harus membuat perangkat lagi. Iaas dengan nyata akan memebantu Anda secara tepat dalam pengembangan Startup Anda.

Dengan penjabaran di atas, sudahkah Anda mengenali perbedaan antara Saas, Paas dan Iaas? Secara sederhana, ketiga layanan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang bisa Anda kenali langsung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.